Menghilangkan jerawat dengan Cepat

Solusi Menghilangkan jerawat

Berikut ini adalah pembahasan mengenai cara menghilangkan bekas jerawat dan pilihan cara menghilangkan jerawat mulai dari prosedur medis, menggunakan bahan alami sampai terapi.

Jerawat merupakan masalah hampir semua remaja di Dunia. Ada banyak faktor yang menyebabkan para remaja lebih rentan mengalami jerawatan. Selain karena faktor hormon, pada masa remaja mereka juga relatif kurang begitu faham bagaimana merawat wajah yang baik dan benar.

cara menghilangkan jerawat

Meskipun secara umum jerawat bukan penyakit yang serius, tetapi masalah jerawat ini cukup mengganggu karena membuat mereka yang mengalami jerawatan menjadi kehilangan percaya diri akibat kulit wajah mereka yang tadinya bersih dipenuhi jerawat. Belum lagi, setelah jerawat mereda biasanya akan timbul bekas yang juga tidak kalah sulit untuk dihilangkan.

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk menghilangkan jerawat mulai dari cara medis sampai tradisional. Menggunakan cara medis umumnya lebih cepat karena penanganannya lebih tepat karena dilakukan oleh ahlinya, tetapi tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sedangkan kelebihan memakai cara tradisional iyalah lebih murah dan aman, sehingga menjadikan cara ini banyak diminati oleh kalangan menengah ke bawah untuk menghilangkan jerawat.

Cara menghilangkan jerawat secara medis dan terapi

Salah satu prosedur medis untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan perawatan laser CO2. Cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan laser dapat menghilangkan lapisan atas kulit yang berjerawat, sehingga cara ini dipandang cukup efektif untuk mengatasi jerawat membandel. Biasanya dokter kulit akan melewati laser di atas kulit hingga tiga kali. Sesi berlangsung hingga satu jam, tergantung pada tingkat keparahan jerawat. Biaya yang diperlukan untuk menghilangkan jerawat dengan cara ini bisa sampai puluhan juta dan mungkin perlu diulang setelah enam bulan.

Selain menggunakan laser, tehnik pengobatan akupuntur juga bisa menjadi pilihan yang menarik untuk menghilangkan jerawat. Tehnik ini menggunakan jarum yang ditancapkan ke titik-titik akupuntur di dalam tubuh, selain dijadikan sebagai alternatif pengobatan berbagai macam penyakit, akupuntur juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Prinsipnya tehnik akupuntur yaitu memasukkan jarum pada titik-titik di telinga untuk membantu mengurangi kelebihan panas dan kelembaban sehingga akan menghilangkan penyumbatan pada aliran energi yang menjadi salah satu penyebab jerawat.

Jika anda tidak memiliki cukup biaya untuk menghilangkan jerawat dengan cara medis dan terapi anda bisa memanfaatkan obat tradisional seperti beberapa bahan berikut ini:

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami

1. Madu murni: Salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk menghilangkan jerawat adalah madu. Madu memang sudah dikenal sejak lama memiliki banyak khasiat untuk penyembuhan penyakit. Selain digunakan sebagai obat, madu juga telah dimanfaatkan sebagai produk kecantikan alami pada zaman dahulu sebelum masyarakat kuno mengenal produk kosmetik. Madu memang memiliki beberapa kandungan yang sangat menguntungkan untuk kesehatan kulit seperti vitamin, mineral, anti-bakterial dsb, sehingga sangat cocok untuk menghilangkan jerawat. Cara penggunaannya pun juga cukup mudah yaitu hanya dengan menerapkan madu langsung ke kulit wajah. Anda juga bisa menambahkannya dengan bahan lain seperti susu atau kayu manis.

2. Minyak zaitun: Selain madu, minyak zaitun juga cukup populer dijadikan bahan perawatan wajah khususnya dalam hal menghilangkan jerawat. Tidak berbeda jauh dengan madu, minyak zaitun juga memiliki efek menyembuhkan yang luar biasa sehingga sering dijadikan alternatif untuk mengatasi jerawat. cara penggunaannya pun juga tidak sulit yaitu dengan cara mengoleskan minyak zaitu extra virgin ke seluruh permukaan kulit wajah. Diamkan hingga beberapa menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

3. Putih telur: Putih telur bukan hanya dimanfaatkan sebagai bahan tambahan membuat kue, tetapi juga sebagai obat jerawat alami yang diketahui cukup menjanjikan dalam menghilangkan jerawat. Cara pemakaiannya: Pisahkan antara kuning dan putih telur, kocok putih telur yang sudah dipisahkan dari kuningnya hingga berbusa, terapkan ke seluruh wajah anda hingga merata. Tunggu sampai kering, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Melakukan cara tadi selain membantu menghilangkan jerawat juga bisa menutrisi kulit dari luar.

4. Menggunakan lidah buaya: Gunakan gel atau lotion yang mengandung aloe vera (lidah buaya) sebagai pembersih wajah anda untuk mencegah dan mengatasi jerawat muncul di wajah. Lidah buaya memiliki sifat penyembuhan sekaligus agen antibakteri yang secara alami dapat membersihkan pori-pori kulit sehingga dapat mengobati dan mencegah jerawat.

5. Menggunakan baking soda: Baking soda merupakan bahan semi alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Bahan pembuat kue ini meskipun bukan seratus persen bahan alami tetapi bisa dijadikan pilihan yang cukup bagus untuk menghilangkan jerawat beserta bekasnya. Caranya: Campurkan baking soda dengan air secukupnnya hinga memiliki tekstur seperti pasta. Setelah itu balurkan ke wajah yang berjerawat hingga merata. Catatan: karena baking soda bukan seratus persen bahan alami sebaiknya bagi anda yang memiliki kulit sensitif melakukan tes patch terlebih dahulu untuk melihat apakah kulit anda bereaksi terhadap baking soda.

Cara menghilangkan bekas jerawat

Bekas jerawat ini bermacam-macam mulai dari kemerahan, flek hitam sampai jaringan parut yang biasanya terjadi pada jerawat batu. Cara menghilangkan bekas jerawat tentunya tidak kalah sulit dibandingkan sekedar menghilangkan jerawat itu sendiri, pasalnya noda bekas jerawat yang membentuk jaringan parut bahkan bisa menjadi permanen dan hanya bisa dihilangkan melalui prosedur medis.

Tetapi bekas jerawat seperti flek hitam dan kemerahan bisa disembuhkan dengan penanganan yang tepat, beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat diantaranya:

1. Putih telur: Selain berguna untuk menghilangkan jerawat, putih telur diketahui juga cukup ampuh untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat, cara penggunaannya pun sama yaitu cukup menerapkan putih telur secara langsung ke permukaan kulit yang terdapat noda bekas jerawat.

2. Bengkoang: Mungkin anda tidak asing mengenai penggunaan bengkoang sebagai salah satu produk kecantikan. Buah yang tergolong umbi-umbian ini memang sudah cukup sering digunaan sebagai bahan perawatan wajah seperti menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Cara penggunaannya: Parut/blender bengkoang hingga halus, setelah itu terapkan ke kulit wajah anda hingga merata. Tunggu sekitar ½ jam, kemudian bersihkan seperti biasa.

3. Lemon: Lemon adalah salah satu buah yang mengandung tinggi vitamin C, dimana vitamin ini diketahui mampu memutihkan kulit secara alami sehingga dipercaya cukup ampuh menyamarkan noda bekas jerawat. Karena alasan ini pula lah banyak orang yang mencoba mamanfaatkan buah lemon sebagai bahan penghilang bekas jerawat. Selain itu buah lemon juga mengandung asam L-asorbic, zat yang berguna meringankan peradangan pada jerawat.

4. Kunyit: Kunyit sudah dikenal sejak lama memiliki banyak khasiat untuk penyembuhan penyakit. Akhir-akhir perawatan kecantikan dengan menggunakan bahan kunyit sudah semakin banyak termasuk dalam menghilangkan bekas jerawat. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan kunyit: ambil beberapa potong kunyit, setelah itu parut hingga halus. Ambil parutan tadi dan tempelkan pada sepuruh bagian wajah anda, termasuk yang tidak memiliki bekas jerawat.

Demikian beberapa cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang bisa anda terapkan semoga bermanfaat.

Catatan: Menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat beserta bekasnya membutuhkan konsistensi dan juga waktu sehingga anda harus bersabar.

Komentar

Postingan Populer